6 Penyebab Telinga Berdenging yang Umum Dijumpai


Telinga berdenging merupakan gangguan pada telinga yang bukan tergolong masalah serius namun tetap harus diwaspadai. Dalam dunia medis, gangguan ini dikenal dengan sebutan tinnitus. Biasanya, suara dengungan atau desiran hanya akan berlangsung dalam beberapa saat. Namun, saat dengungan berlangsung terus menerus dan dalam waktu lama maka bisa jadi merupakan pertanda penyakit tertentu.

6 Penyebab Telinga Berdenging yang Umum Dijumpai

Penyebab Umum Muncul Suara Berdenging di Telinga

Ø Ada sumbatan
Telinga yang tiba-tiba berdenging dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan kotoran di dalam telinga. Kotoran telinga atau serumen sebenarnya adalah bentuk dari pertahanan tubuh yang melindungi saluran telinga dari partikel asing. Namun, apabila serumen terbentuk berlebihan dan mengendap di telinga maka akan timbul serumen prop yang salah satunya ditandai dengan suara dengungan.

Ø Efek obat
Obat-obatan seperti obat anti radang, obat aspirin, dan obat penenang kemungkinan memiliki efek samping membuat telinga berdenging. Oleh sebab itu, apabila Anda sedang atau kerap mengonsumsi obat tersebut, maka tidak mengherankan apabila dengungan pada telinga akan terasa. Karena efek samping obat, maka tinnitus hanya berlangsung sesaat dan hilang ketika sudah berhenti mengonsumsi.

Ø Terkena cidera
Penyebab lain dari tinnitus adalah adanya cidera pada bagian kepala, rahang, dan leher. Cidera yang mengenai bagian-bagian tersebut dapat mempengaruhi saraf pendengaran sehingga efek samping yang ditimbulkan adalah telinga yang berdenging. Apabila cidera cukup parah, bisa jadi dengungan akan berlangsung terus menerus sehingga harus segera diperiksakan ke dokter untuk penanganan lanjutan.

Ø Infeksi
Seperti bagian tubuh lainnya, telinga juga tidak luput dari serangan benda asing seperti bakteri yang dapat menimbulkan infeksi. Efek dari telinga yang terinfeksi, salah satunya adalah muncul suara dengungan. Walaupun tergolong masih ringan dan dapat berhenti dengan sendirinya, namun jangan disepelekan. Penanganan yang tepat harus segera dilakukan agar infeksi tidak semakin parah.

Ø Usia
Salah satu faktor alami penyebab telinga yang berdenging adalah bertambahnya usia. Biasanya, orang yang sudah mencapai lebih dari 60 tahun akan memiliki organ yang kinerjanya sudah menurun, termasuk telinga. Hal itulah yang membuat para lansia kerap merasakan dengungan pada telinga. Namun, dengungan tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu.

Ø Efek suara bising
Telinga memang tidak dianjurkan terpapar oleh suara-suara yang keras dan bising dalam waktu lama karena dapat merusak jaringan koklea. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari suasana dengan suara keras namun jika terpaksa tidak bisa, maka setidaknya lindungi telinga dengan penutup yang aman. Efek terpapar suara keras dapat memicu telinga berdenging.

Munculnya suara dengungan pada telinga memang terdengar normal karena banyak orang yang mengalami. Namun, apabila frekuensinya cukup sering dan lama maka perlu waspada karena boleh jadi dengungan tersebut menandakan adanya gangguan/penyakit lain. Menghindari penyebab telinga yang berdenging juga tidak mutlak dapat dilakukan, namun setidaknya ada tindakan pencegahan untuk meminimalisir efek dengungan.

6 Penyebab Telinga Berdenging yang Umum Dijumpai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fagundes