Mengenal Lebih Dekat Gejala-gejala Umum Kanker Esofagus

Seluruh tubuh manusia pasti memiliki sistemnya masing-masing sesuai anatomi dan fungsinya. Ada sistem ekskresi, reproduksi, pernapasan, dan juga sistem pencernaan. Menurut Hello Sehat, sistem pencernaan manusia terdiri dari dua kelompok utama yaitu organ dalam saluran pencernaan dan organ pencernaan lengkap. Mulut, esofagus atau kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan terujung adalah anus termasuk ke dalam organ dalam saluran pencernaan. Yang termasuk ke dalam kelompok organ pencernaan lengkap adalah lidah, kelenjar air liur, gigi, kantung empedu, hati, dan pankreas.

Definisi Kanker Esofagus
Esofagus atau kerongkongan adalah tabung berotot yang bentuknya melengkung sepanjang kurang lebih 10 inchi dan menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Organ ini juga rentan terkena kanker, yang mana sel kanker ganas akan membentuk gumpalan atau tumor di lapisan dalam dari kerongkongan dan terus tumbuh keluar melalui submukosa.

Mengenal Lebih Dekat Gejala-gejala Umum Kanker Esofagus
Sumber gambar: digestivediseasescenter.com

Gejala Kanker Esofagus
Beberapa gejala umum kanker esofagus yang dilansir dari buku Adeodatus Yuda Handaya yang berjudul Deteksi Dini dan Atasi 31 Penyakit Bedah Saluran Cerna (DIGESTIF) adalah sebagai berikut.

1. Penurunan berat badan
Sedang diet? Tidak. Penurunan berat badan ini bukan disebabkan diet, mungkin kamu yang awalnya berbadan besar akan sedikit lega dengan penyusutan berat badan yang terjadi. Tapi, tahukah kamu? Turunnya berat badan yang drastis menandakan bisa jadi kamu menderita kanker esofagus. Turunnya berat badan ini bisa disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi akibat kesulitan menelan. Berat badan yang turun juga menjadi pertanda bahwa tumor yang ada di dalam tubuh sedang menggerogoti jaringan dan massa tubuh.

2. Batuk serak
Batuk yang berkepanjangan dapat menyebabkan suara si penderita akan terdengar parau atau serak.

3. Mual dan muntah
Sekitar 40 persen, pasien penderita kanker esofagus mengeluhkan muntah setiap sesudah makan. Hal ini disebabkan oleh makanan yang tersangkut dan sudah secara otomatis tubuh akan memaksa makanan keluar melalui mulut. Bahkan ditemukan juga muntah darah pada pasien sebagai gejala umum kanker esofagus.

4. Kesulitan menelan
Disebut juga dengan disfagia, biasanya kesulitan menelan makanan yang agak keras dan berukuran besar seperti roti dan daging. Disfagia menimbulkan rasa makanan tersangkut di tenggorokan, dada, atau bahkan penderita akan tersedak. Kesulitan menelan ini disebabkan oleh adanya tumor pada esofagus dan menyebabkan esofagus menyempit. Jika keadaan sudah memburuk, biasanya penderita juga akan kesulitan untuk minum.

5. Nyeri di belakang tulang dada
Selain nyeri dada, pada beberapa pasien ditemukan keluhan dada yang seperti terbakar atau heartburn. Sensasi terbakar ini berasal dari asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

Faktor Risiko Kanker Esofagus
Mereka yang sehat juga dapat berisiko terkena kanker esofagus apabila ada faktor pemicunya. Faktor risiko seseorang mengalami kanker esofagus menurut Halodoc yaitu usia sekitar 50 hingga 70 tahun, gender, Barrett's esophagus, penyakit asam lambung atau GERD, obesitas, penggunaan tembakau atau rokok, konsumsi alkohol, terpapar zat kimia di lokasi kerja, radiasi, diet tinggi daging merah atau lemak, infeksi HPV, dan mengonsumsi cairan yang terlalu panas.

Saat kamu mengalami salah satu gejala umum kanker esofagus, bukan berarti kamu memang mengidap penyakit mematikan ini. Jika yang kamu rasakan pertama kali adalah sulit menelan, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah kamu menderita kanker esofagus atau bukan. Untuk mengetahui diagnosa yang tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis terkait seperti dokter spesialis penyakit dalam bagian gastroenterologi dan dokter spesialis bedah onkologi.

Mengenal Lebih Dekat Gejala-gejala Umum Kanker Esofagus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: fagundes